Dyah Kristanti

Guru SMKN Sawoo Ponorogo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Menangani Tersiram Minyak Panas

Tips Menangani Tersiram Minyak Panas

Lebaran dirumah saja. Pasti tiap hari ibu-ibu sibuk didapur menyiapkan menu sehari-hari. Apalagi lebaran kali ini tidak boleh saling berkunjung. Lebih dikenal dengan istilah GERTUPIN (Gerakan Tutup Pintu). Semua mau tidak mau harus betah tinggal dirumah. Setelah sebulan menjalani puasa Ramadhan,, tentunya ibu-ibu ingin menyediakan menu istimewa bagi keluarga. Pilihan menu daging sapi, ayam dan ikan adalah menu yang digemari keluarga sehingga termasuk hidangan istimewa ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri. Berbagai resep bumbu masakan masing-masing daerah menjadi favorit keluarga. Namun ketika proses masak-memasak di dapur, ada saja kejadian tak terduga yang kita alami misalnya saat menggoreng ikan, minyak panas meletup-letup hingga mengenai bagian tubuh kita. Atau saat kita memasak tiba-tiba sikecil datang dan oleh karena tingkahnya yang kadang terlalu aktif tidak terfikirkan ketika tersiram minyak panas. Bisakah anda bayangkan bagaimana luka bakar & bagaimana kulit akan melepuh saat terciprat minyak panas? Lalu bagaimana penangannya ?Ada yg dioles odol / pasta gigi ? Stop jangan lakukan itu akan menambah proses pembakaran dikulit. Langsung dibawa ke dokter ? Stop jangan panik & jangan langsung dibawa kedokter. Waktu yg terbuang untuk mengeluarkan mobil / motor juga perjalanan menuju klinik akan membuat proses pembakaran dikulit semakin parah. Dokter hanya akan memberi salep dan itu tidak akan membuat kulit anda aman. Kulit akan tetap melepuh dg rasa panas setidaknya seharian.Tips saya, selalu punya stock terigu didapur untuk hal2 seperti ini. Lebih bagus lagi bila terigu disimpan dikulkas.Begitu tersiram / terciprat minyak panas / air panas. Masukkan dalam terigu / taburi dg terigu dibagian yg terkena.Diamkan hingga rasa panas hilang, baru kemudian terigu dibilas. Untuk kasus kecil 15-30 menit biasanya rasa panas mulai hilang. Untuk kasus besar tersiram minyak panas lebih dari seliter pendiaman hingga 2 jam baru hilang rasa panasnya dan kemudian dibilas terigunya. Selalu stock terigu di dapur ya Bunda, supaya ketika kita perlu sewaktu-waktu bisa digunakan. Bagian kulit yang terkena minyak panas ditaburi semua supaya tidak melepuh dan hanya memerah dibeberapa bagian tapi tidak terlalu tampak dan tidak terasa panas lagi.Selanjutnya tinggal dibelikan salep diapotik untuk luka bakar seperti bioplacenton agar pemulihan kulit yg memerah bisa lebih cepat sembuh.Semoga bermanfaat. Terimakasih .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bun, Mohon maaf lahir dan batin

25 May
Balas

Iya ,,sama-sama bu Santhy Haryani terimakasih

25 May

Makasih bunda, info yang bermanfaat .

25 May
Balas

Iya sama-sama bu Ria misni

25 May

Wow... super.... terimakasih informasinya

25 May
Balas

Iya sama-sama pak Fathor Rozi, S.Pd.

25 May



search

New Post