Model Pembelajaran Quantum Teaching(Bagian-3)

Model Pembelajaran Quantum Teaching(Bagian-3)

Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Quantum Teaching yaitu:

#1.Kelebihan Model pembelajaran kuantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika kuantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai. Pembelajaran kuantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis. Pembelajaran kuantum lebih konstruktivis(tis), bukan positivistis-empiris, behavioristis. Pembelajaran kuantum memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna, bukan sekedar transaksi makna. Pembelajaran kuantum sangat menekankan pada pemercepatan pembelajaran dengan taraf keberhasilan tinggi. Pembelajaran kuantum sangat menentukan kealamiahan dan kewajaran proses pembelajaran, bukan keartifisialan atau keadaan yang dibuat-buat. Pembelajaran kuantum sangat menekankan kebermaknaan dan kebermutuan proses pembelajaran. Pembelajaran kuantum memiliki model yang memadukan konteks dan isi pembelajaran. Pembelajaran kuantum memusatkan perhatian pada pembentukan ketrampilan akademis, ketrampilan (dalam) hidup, dan prestasi fisikal atau material. Pembelajaran kuantum menempatkan nilai dan keyakinan sebagai bagian penting proses pembelajaran. Pembelajaran kuantum mengutamakan keberagaman dan kebebasan, bukan keseragaman dan ketertiban. Pembelajaran kuantum mengintegrasikan totalitas tubuh dan pikiran dalam proses pembelajaran.

#2. Kelemahannya adalah membutuhkan kesiapan dan perencanaan yang matang karena membutuhkan waktu yang lama. Membutuhkan prasarana dan biaya yang memadai sehingga akan lebih baik jika di kolaborasikan dengan model pembelajaran yang lain supaya tidak monoton. Materi yang disampaikan dalam satu pertemuan kurang maksimal karena terbatas oleh waktu Tidak semua materi pelajaran dapat menggunakan model pembelajaran ini karena ada tahap alami dan demonstrasi sehingga perlu waktu yang lama. Guru harus lebih kreatif mengembangkan model pembelajaran karena sintaks belum detail.

7 kunci kesuksesan quantum learning :

#Integritas: Bersikaplah jujur, tulus dan menyeluruh. Selaraskan dengan nilai-nilai yang ada pada diri kita.

#Kegagalan awal kesuksesan: Pahamilah bahwa kegagalan hanyalah memberikan informasi yang anda butuhkan untuk sukses.

#Bicaralah dengan niatan baik: Berbicaralah dengan pengertian positif dan bertanggungjawablah untuk berkomunikasi yang jujur dan lurus.

#Komitmen: Penuhilah janji dan kewajiban, laksanakan visi dan lakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

#Tanggungjawab: Bertanggungjawablah atas tindakan anda.

#Sikap fleksibel: Bersikap terbuka terhadap perubahan baru yang dapat membantu kita memperoleh hasil yang kita inginkan.

#Keseimbangan: Jaga keselarasan pikiran, tubuh dan jiwa. Sisihkan waktu untuk membangun dan memelihara ketiganya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search

New Post