Dyah Kristanti

Guru SMKN Sawoo Ponorogo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal teori dan model stres

Mengenal teori dan model stres

Memperkenalkan teori dan model stres

Sejumlah teori telah dikembangkan untuk memahami stres. Jenis stres ada dua yaitu dalam hal penekanan pada faktor fisiologis dan psikologis meliputi gambaran tentang hubungan antara individu dan lingkungan mereka. Salah satu cara mengelompokkan stres adalah dengan menggunakan pendekatan stimulus atau respons.

#Stres sebagai stimulus (psikologis) yaitu stres disebabkan oleh suatu peristiwa:Analogi dengan teknik - tekanan pada seseorang menghasilkan ketegangan. stres dipandang sebagai respons orang tersebut terhadap ketegangan itu. Tetapi teori ini mungkin terlalu sederhana; tidak berurusan dengan peristiwa komulatif.

#Stres sebagai respons (fisiologis) yaitu stres adalah respons terhadap suatu situasi, bukan situasi itu sendiri. Dua teori kunci: Flight-flight response (Cannon 1932)dan General Adaptation Syndrome (GAS) (Selye 1956) yaitu Pendekatan struktural, transaksional dan model berbasis sumber daya. Namun, Arnold dan Randall berpendapat bahwa: "… Banyak model (tetapi tidak semua) dapat dibagi menjadi tiga kategori: pendekatan struktural, pendekatan transaksional dan model berbasis sumber daya".(Arnold dan Randall 2016: 380)

#Pendekatan struktural. Model ini berkaitan dengan aspek-aspek pekerjaan yang dianggap mengarah pada keadaan stres yang negatif secara emosional bagi kebanyakan pekerja: Model kontrol permintaan (Karasek 1979) teori fit orang-lingkungan (French dan Caplan 1972; French, Caplan, dan Harrison 1982)

#Pendekatan transaksional. Stres dialami ketika kita menilai suatu situasi sebagai stres: Model transaksional (Lazarus dan Folkman 1984) Siegrist (1996) yaitu pendekatan transaksional terhadap stres menyatakan bahwa stres dialami ketika kita menilai suatu situasi sebagai stres. Dua model transaksional utama dari stres adalah model transaksional Lazarus dan Folkman (1984), dan model ketidakseimbangan upaya-imbalan (Siegrist 1996). Model transaksional stres dan koping model transaksional stres dan koping (Lazarus dan Folkman 1984) menjelaskan mengapa beberapa individu berbeda dari yang lain dalam menanggapi stres, dengan kata lain, mengapa dua orang yang mengalami stresor yang sama memiliki reaksi yang berbeda. Lazarus dan Folkman (1984: 141) mendefinisikan stres sebagai: "… Secara terus-menerus mengubah upaya kognitif dan perilaku untuk mengelola tuntutan eksternal dan / atau internal tertentu yang dinilai sebagai pajak atau melebihi sumber daya orang tersebut." Dalam model ini, stres dipandang sebagai produk dari transaksi antara seseorang dan lingkungannya. Model ini menegaskan bahwa stres terjadi ketika seseorang menghadapi permintaan lingkungan dan bahwa respons stres akan tergantung pada bagaimana permintaan itu dinilai. jika permintaan dianggap melebihi kapasitas individu untuk mengatasinya, maka mereka akan mengalami tekanan. Proses penilaian bersifat subyektif dan akan tergantung pada evaluasi seseorang sendiri atas kemampuan mereka untuk mengatasinya. Menurut model ini, ada tiga jenis penilaian: primer, sekunder, dan penilaian ulang.

#Penilaian primer - Apakah ini membuat stres? Pada tahap ini, seseorang akan menentukan apakah suatu peristiwa atau stresor menimbulkan ancaman atau tidak. ada tiga kemungkinan hasil:Peristiwa itu merupakan ancaman.

#Penilaian sekunder - Bisakah saya mengatasinya? Tahap kedua berkaitan dengan evaluasi individu terhadap sumber daya atau strategi koping yang tersedia bagi mereka untuk menghadapi ancaman yang dirasakan.

# Penilaian ulang yaitu penilaian kembali tahap terakhir sedang berlangsung dan berkaitan dengan penilaian kembali yang berkelanjutan dari acara itu sendiri, dan sumber daya yang tersedia untuk berurusan dengan acara (stressor). Perbedaan antara permintaan dan sumber daya mengarah pada respons stres. Jenis penilaian, seperti dijelaskan di atas. klik untuk memperbesar. Kritik terhadap model transaksional. Ada pro dan kontra dari model transaksional. dalam mendukungnya, ia memperhitungkan perbedaan individu, dan itu mempertimbangkan proses psikologis serta proses fisik. Namun, ini adalah argumen melingkar (stressor menghabiskan sumber daya; sumber daya buffer terhadap stres). juga, perbedaan antara koping adaptif dan maladaptif diabaikan. Model Ketidakseimbangan Upaya-Hadiah (ERI). ERI (Siegrist 1996) didasarkan pada prinsip pertukaran. model ini berpendapat bahwa individu terlibat dalam hubungan pertukaran dengan majikan mereka dan bahwa ada harapan timbal balik; usaha di tempat kerja dihabiskan sebagai bagian dari kontrak sosial yang membalas usaha dengan imbalan yang cukup (gaji,pengakuan, promosi).Jika individu merasakan ketidakseimbangan antara upaya tinggi dan penghargaan rendah, ini akan menyebabkan stres, terutama pada individu yang memiliki sumber daya koping yang terbatas. Model ini menyatakan bahwa individu berbeda dalam tanggapan mereka. seorang individu yang memiliki tingkat komitmen yang tinggi (komitmen berlebihan) untuk bekerja akan mengalami upaya yang tinggi dan penghargaan yang rendah karena sangat menegangkan. Model ini sering direpresentasikan sebagai keseimbangan. Diagram model ERI, seperti dijelaskan di atas. (Diadaptasi dari Siegrist 1996). Kritik terhadap model ERI. Untuk mendukung model ini, ia memperhitungkan perbedaan individu dan didukung oleh penelitian. niedhammer et al. (2004) menemukan peningkatan risiko tekanan psikologis dan kelelahan emosional pada pekerja yang merasakan ketidakseimbangan antara upaya dan penghargaan.

#Model berbasis sumber daya. Menurut Arnold dan Randall (2016: 386), "konservasi sumber daya (COR) memberikan penjelasan yang sangat berbeda tentang bagaimana individu berinteraksi dengan lingkungan kerja mereka". Konservasi sumber daya: "... didasarkan pada premis bahwa karyawan sangat termotivasi untuk mengidentifikasi, melindungi, dan mengembangkan sumber daya mereka dan proses ini berperan dalam menentukan jumlah stres yang mereka alami". (Hobfoll 1989 dalam Arnold dan Randall 2016: 386) satu model berbasis sumber daya adalah model Job Demands-Resources (JD-R) (Demerouti et al. 2001; Bakker dan Demerouti 2007). Model JD-R (Demerouti et al. 2001) menyatakan bahwa risiko yang terkait dengan stres kerja dapat dikategorikan ke dalam dua kategori umum: tuntutan pekerjaan dan sumber daya pekerjaan. Tuntutan pekerjaan adalah aspek-aspek pekerjaan yang terkait dengan biaya fisik dan psikologis, dengan kata lain, pemicu stres dari pekerjaan: Pengerahan tenaga fisik atau mental, tekanan kerja, lingkungan kerja yang penuh tekanan, ambiguitas peran, tuntutan emosional, dll. Sumber daya pekerjaan. Ini adalah faktor fisik dan psikologis yang memungkinkan seseorang melakukan pekerjaannya dan mengurangi stres: Pelatihan, pembelajaran dan pengembangan, peluang untuk promosi, lingkungan kerja yang baik, hubungan kerja yang baik, dll. Tuntutan pekerjaan yang tinggi menghabiskan sumber daya mental dan fisik karyawan dan menyebabkan penurunan tingkat energi. Ini menghasilkan masalah stres dan kesehatan. Permintaan pekerjaan vs. sumber daya pekerjaan (Perluas diagram ini)(Diadaptasi dari Bakker dan Demerouti 2007)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terimaksih ilmunya bu

26 May
Balas

Sama-sama bu Sri Hastuti, M.Pd.

27 May

Terimakasih pencerahannya bun

26 May
Balas

Sama-sama bu Santhy Haryani,,

27 May

Salam literasi

26 May
Balas

Salam literasi

27 May



search

New Post